BREAKING

Selasa, 14 November 2017

Indahnya Istiqomah (Sepenggal Kisah dari Kitab An-Nawadir)

Ngaji Online- Lihat daftar Isi  
حكي : ان ملكا شابا تولى الملك فلم يجد له لذة , فقال لجلسائه :
" هل الناس مثلي في هذا اولا ؟ "
فقالوا له : " ان الناس مستقيمون ",
فقال لهم : " فماذا يقيمه لي ؟"
قالوا : " يقيمه لك العلماء ",
فدعا بعلماء بلده و صلحائها , وقال لهم :
" اجلسوا عندي , فما رايتم مني من طاعة فامروني بها وما رايتم مني معصية فازجروني عنها ,ففعلوا ذلك فاستقام له الملك اربعمائة سنة . ثم اتاه ابليس لعنة الله , فقال الملك له :
" من انت ؟"
قال : " انا ابليس ولكن اخبرني , من انت ؟"
قال : " انا رجل من بني ادم ."
فقال له : " لو كنت من بني ادم لمت كما يموت بنو ادم و انما انت اله , فادع الناس الى عبادتك ,"
فدخل في نفسه شئ من ذلك فصعد المنبر ثم قال :
" ايها الناس اني اخفيت عليكم امرا وقد حان وقت اظهاره تعلمون اني ملككم اربعمائة سنة , ولو كنت من بني ادم لمت كما يموت بنو ادم وانما انا اله فاعبدني ."
فاوحي الله الى نبي زمانه ان اخبره اني استقمت له ماستقام فلما تحول الى معصيتي فوعزتي وجلالى لاسلطن عليه بختنصر فسلطه عليه فضرب عنقه واوقر من خزائنه سبعين سفينة من الذهب.
Baca Juga :

Sesungguhnya ada seorang pemuda yang menjadi raja akan tetapi ia tidak pernah menemukan kelezatan dan kenikmatan didalamnya, maka ia bertanya kepada para menterinya :
" Apakah semua manusia juga mengalami hal yang sama sepertiku atau tidak ? "
Maka mereka menjawab :
" Sesungguhnya manusia-manusia itu semuanya istiqomah ."
Lalu sang raja bertanya lagi:
" Maka siapakah yang bisa membuat orang-orang itu istiqomah kepadaku ? "
Lalu mereka menjawab :
" Hanya ulama lah yang bisa membuatnya istiqomah kepadamu ."
Kemudian dia mengundang para ulama dan orang-orang shaleh di negaranya, dan berkatalah dia kepada mereka:
" Duduklah kalian disebelahku, jika kalian melihat aku dalam ketaatan, maka dukunglah aku, dan jika kalian melihat aku dalam kemaksiatan, maka cegahlah aku ."
Dan ia berada dalam keistiqomahan selama 400 tahun .

Kemudian datanglah iblis menemui raja tersebut, sang raja kemudian bertanya :
" Siapakah kamu ?"
Iblis menjawab :
" Aku iblis, tapi katakanlah kepadaku siapa kamu sebenarnya ?"
Sang raja pun menjawab :
" Aku adalah anak keturunan Adam ."
Lalu iblis berkata :
" ika kamu ini adalah keturunan Adam pasti kamu telah mati seperti keturunan keturunan Adam yang lain, sesungguhnya kamu itu adalah tuhan, maka ajaklah semua manusia itu untuk menyembahmu ."

Maka masuklah rayuan iblis itu, ia lantas naik ke atas mimbar dan berkata :
" Wahai para rakyatku, sesungguhnya aku akan mengkhawatirkan kalian atas satu perkara, sekarang sudah waktunya aku memperlihatkan sesuatu tersebut, kalian semua tahu bahwa aku adalah rajamu selama 400 tahun, dan ingatlah jika aku berasal dari keturunan Adam maka sudah lama aku akan meninggal layaknya keturunan Adam yang lain, ingatlah semua bahwa aku ini adalah tuhan, maka sembahlah aku ."

Akhirnya Allah memberikan wahyu kepada Nabi yang ada di zamannya agar memberi kabar kepada sang raja bahwa:
“Sesungguhnya Aku {Allah} akan selalu konsisten kepadanya selama ia masih konsisten kepadaku, maka ketika ia berpaling untuk bermaksiat kepadaku maka demi kemulyaanku dan keagunganku, maka Aku akan menaklukkannya lewat Bukhtanshor ."
Maka Allah menguasakan raja itu kepada Bukhtanshor, Lalu Bukhtanshor memukul lehernya, dan kemudian ia bisa menguasai seluruh barang-barang berharga miliknya yang berupa 70 perahu dari emas.
Wallaahu A'lamu Binafsil Amri Wa Haqiqatil Haal
Dikutib dari kitab An-Nawadir (Imam Al-Qolyubi)

2 komentar:

  1. Balasan
    1. Lakonah lakonih kengnah kennangih... Insyaallah selamet caepon kiyae hamid

      Hapus

 
Copyright © 2016 Abi Hilya