BREAKING

Rabu, 05 Juli 2017

Rasulullah SAW Menganjurkan Menikahi Gadis Daripada Janda, Ternyata Ini Alasannya

Ngaji Online-Dalam memlih pasangan hidup Rasulullah SAW lebih menganjurkan untuk memilih wanita yang masih gadis (perawan) daripada wanita sudah janda. Hal itu tertuang dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah dan Imam Baihaqi, Nabi bersabda:

تَزَوَّجُوا الأَبْكَارَ، فَإِنَّهُنَّ أَعذَبُ أَفْوَاهًا، وَأَنْتَقُ أَرْحَامًا، وَأَرْضَى بِالْيَسِيرِ
Artinya: "Menikahlah dengan seorang wanita yang masih gadis, sebab ia lebih lembut mulutnya, lebih lengkap rahimnya, dan lebih menerima keadaan.” (HR Ibnu Majah dan Imam Baihaqi)

Baca Juga  
Al-Qur’an Melarang Menikahi Wanita-Wanita Ini, Ternyata Ini Alasannya 
Pesan Seorang Ibu Kepada Putrinya yang Baru Menikah (Resep Jitu Agar Hubungan Harmonis) 
Inilah Birografi Istri-istri Rasulullah SAW dan Alasan Dinikahinya

Lalu apa alasan sehingga Nabi menyuruh demikian? Apakah Nabi hanya melihat luarnya saja yang pada umumnya wanita yang masih perawan lebih menawan.? Jika tidak demikian lalu apa alasannya.

Dalam kitab Tuhfatul Habib Syarh Khatib Al-Bujairimi mengurai alasan Nabi menganjurkan untuk menikahi wanita yang masih perawan. Antara uraiannya ialah hal itu karena cinta seorang gadis cenderung lebih tulus dan sepenuh hati dibandingkan seorang janda. Seorang gadis  umumnya tidak memilki sikap membanding-bandingkan dengan orang lain, karena cintanya adalah cinta pertama. Berbeda dengan janda, dia berpotensi membanding-bandingkan dengan orang lain, karena cinta yang dia milki tidak lagi cinta pertama. Hal itu selaras dengan apa yang dikatakan:
نَقِّلْ فُؤَادَكَ حَيْثُ شِئْتَ مِنَ الهَوَى *  ماَالحُبُّ اِلاَّ لِلْحَبِيْبِ الأَوَّلِ
كَمْ مَنْزِلٍ فىِ الاَرْضِ يَأْلِفُهُ الفَتى * وَحَنِيْنُهُ اَبَدًا فىِ اَوَّلِ مَنْزِلِ

“Pindahkanlah hatimu kepada siapa saja yang engkau suka, sebab tidak ada cinta kecuali cinta yang pertama"
Berapa banyak tempat yang disinggahi oleh seorang pemuda dan kerinduannya selalu kepada  tempat yang pertama kali yang ia singgahi.”


Demikian hikmah dianjurkannya menikahi wanita yang masih gadis, maka dari itu jelaslah anjuran Nabi SAW itu bukan sebatas dorongan hasrat semata. Sebab andai demikian tentunya Rasulullah SAW tidak akan pernah mau menikah dengan Sayyidah Khodijah dan istri-istri yang lain yang notabene kebanyakan janda.


10 komentar:

  1. memang sulit ganmengikuti jejak Rasulullah SAW. terutama dalam masalah pasangan hidup, mungkin wajib bagi para lelaki (Perjaka) menikahi gadis. namun disatu sisi kadang kita juga merasa terlena oleh janda. pada dasarnya menikahi janda lebih berharga dan mendapatkan pahala? apakah betul

    BalasHapus
  2. Sebenarnya perawan atau janda tidak masalah, hanya saja jika tidak ada hal2 alasan yg lebih mendorong untuk menikahi janda (seperti ingin menyelamatkan pendidikan anak2nya misalx. Maka menikahi perawan lebih diutamanakan.

    BalasHapus
  3. saya baru tau min, saya pikir lebih baik ke janda karna selain kita bisa membantu si janda apalagi yang sudah punya anak, populasi janda pun banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nikahi janda langsung dapat laba gan..+ masuk surga tanpa hisab. Heheh

      Hapus
  4. Gadis menarik dan janda menggoda.. Pilihan yang sungguh membingungkan :)

    BalasHapus
  5. sekarang nenek semakin didepan

    BalasHapus
  6. info yang bermanfaat gan, insyaAllah berkah

    BalasHapus
  7. nah ini akhirnya tau alasan yang jelas dari Rasulullah :D

    BalasHapus
  8. Saya ingin ibu dari anak2 saya benar2 rau agama dan menyayangi saya

    BalasHapus

Terkini

 
Copyright © 2016 Abi Hilya